Guided-Inquiry Laboratory Activities: Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Sains Inkuiri Pebelajar di Sekolah Menegah Atas

  • Dhidi Erwanto Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Latar Belakang: Tantangan guru memilih strategi pembelajaran untuk melibatkan siswa lebih antusias dan teliti dalam proses pembelajaran masih menjadi fokus penelitian, khususnya peningkatan conceptual understanding dan science inquiry skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konseptual dan keterampilan inkuiri sains dengan menerapkan guided-inquiry laboratory activities.
Metode:Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Data diperoleh dari 80 siswa SMAN 1 Kolaka yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, setiap kelompok diberi tes pemahaman konseptual dan keterampilan inkuiri sains diukur menggunakan lab report and lab quizzes.
Hasil: pemahaman konsep dan keterampilan inkuiri sains siswa yang dibelajarkan menggunakan guided-Inquiry laboratory activities lebih baik dari verification laboratory meskipun kelompok eksperimen diberi kebebasan mendesain percobaan secara berkelompok.
Kesimpulan: Guided-inquiry laboratory activities dapat digunakan sebagai strategi untuk melibatkan siswa lebih antusias dan teliti dalam mengkonstruksi pemahaman konsep dan keterampilan inkuiri sains.

Published
2019-11-29