Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Kimuno Terintegrasi Nilai-Nilai Islam

  • Ayu Rahayu Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan sistem pendidikan di era 4.0 tidak dapat dipisahkan dengan penintegrasian antara sains dan agama. Tetapi beberapa sekolah islam belum maksimal menerapkan pembelajaran yang menitegrasikan nilai-nilai islam, karena kekurangan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kimuno yang dipadukan dengan nilai-nilai islam yang berlandaskan dari alquran dan hadist. Metode :Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X Mia SIT Ibnu Sina Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas X Mia1 sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dengan menggunakan lembar tes uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisissecara deskriptif dan inferensial Hasil :Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada pretest dan posttest berada pada kategori peningkatan sedang yang dapat dilihat dari rerata nilai gain skor sebesar 0,5. Presentasi nilai pretest peserta didik adalah 47 % sedangkan presentasi nilai posttest peserta didik adalah 77 % . Kesimpulan : Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media kimuno yang dipadukan dengan nilai-nilai islam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2019-11-29