BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT
Abstract
Dalammenyelesaikansoalmatematikaterutamamaterigarisdansudutsiswamasimengalamikesulitan.kesulitan yang terjadikarenarendahnyaberpikirkreatifmatematisdalammenyelesaikansoalgarisdansudut. Penelitimengambilpenelitianinidengantujuanuntukmendeskripsikanberpikirkreatifmatematissiswadalammenyelesaikangarisdansudut.pendekatanpenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganmetodedeskristifanalisis. Tehnikpengambilansampelpenelitianinidengancaratestulisdanwawancara. Dari jawabantestulislalu di padukandenganwawancaranlalu di ambilkesimpulan.Calonsubyekadalahsiswa SMP kelas VIII berjumlah 6 siswadanhanya 4 orang yang ditetapkansebagaisubyekpenelitian.Dalampenelitianinipenelitimenbagimenjadi 2 kategoriyaitukategorilengkapdankategoritaklengkap.Padahasilpenelitian yang telah di Analisadarijawabantertulissubyekdanhasilwawancaradapatdipaparakan ; 1. Subyekpertamahanyadapatmemenuhiduaindikatoryaituberpikirlancar (fluency) danberpikirluwes (flexibility).Subyekkeduahanyamemenuhisatuindikatorsajayaituberpikirlancar (fluency).Subyektigadansubyekempatdapatmemenuhisemuaindikator.Jadikesimpulandarihasiltersebutadalahsubyeksatudansubyekduamasukdalamkategoritaklengkapkarenahanyamemenuhibeberapaindikatorkemuiansubyektigadansubyekempatmasukdalamkategorilengkapkarenatelahmemenuhisemuaindikatorberpikirkreatifmatematissiswadalammenyelesikansoalgarisdansudutyaitu (1) Berpikirlancar (fluency), (2) Berpikirluwes(flexibility), (3)Berpikirorisinal(originality)dan (4)Berpikirelaborasi(elaboration)