BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT

  • Sri mariyati Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Dalammenyelesaikansoalmatematikaterutamamaterigarisdansudutsiswamasimengalamikesulitan.kesulitan yang terjadikarenarendahnyaberpikirkreatifmatematisdalammenyelesaikansoalgarisdansudut. Penelitimengambilpenelitianinidengantujuanuntukmendeskripsikanberpikirkreatifmatematissiswadalammenyelesaikangarisdansudut.pendekatanpenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganmetodedeskristifanalisis. Tehnikpengambilansampelpenelitianinidengancaratestulisdanwawancara. Dari jawabantestulislalu di padukandenganwawancaranlalu di ambilkesimpulan.Calonsubyekadalahsiswa SMP kelas VIII berjumlah 6 siswadanhanya 4 orang yang ditetapkansebagaisubyekpenelitian.Dalampenelitianinipenelitimenbagimenjadi 2 kategoriyaitukategorilengkapdankategoritaklengkap.Padahasilpenelitian yang telah di Analisadarijawabantertulissubyekdanhasilwawancaradapatdipaparakan ; 1. Subyekpertamahanyadapatmemenuhiduaindikatoryaituberpikirlancar (fluency) danberpikirluwes (flexibility).Subyekkeduahanyamemenuhisatuindikatorsajayaituberpikirlancar (fluency).Subyektigadansubyekempatdapatmemenuhisemuaindikator.Jadikesimpulandarihasiltersebutadalahsubyeksatudansubyekduamasukdalamkategoritaklengkapkarenahanyamemenuhibeberapaindikatorkemuiansubyektigadansubyekempatmasukdalamkategorilengkapkarenatelahmemenuhisemuaindikatorberpikirkreatifmatematissiswadalammenyelesikansoalgarisdansudutyaitu (1) Berpikirlancar (fluency), (2) Berpikirluwes(flexibility), (3)Berpikirorisinal(originality)dan (4)Berpikirelaborasi(elaboration)

Published
2019-11-29