Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Pemahaman Matematis Menurut Pollatsek

  • Nia Mada Nia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Pemahaman dalam bidang matematika sangatlah penting dan sangatlah dibutuhkan bagi peserta didik dalam menyelesaikan persoalan matematika, salah satunya adalah kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linier dan variabel (SPLDV) yang ditinjau dari pemahaman matematis menurut pollatsek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas VIII. Instrumen penelitian ini yaitu, tes tertulis dan pedoman wawancara. Hasil penilitian ini dapat menunjukkan ada dua kemampuan pemahaman matematis yaitu pemahaman komputasional dan pemahaman fungsional. Kemampuan pemahaman komputasional indikasinya adalah menerapkan rumus atau metode untuk menyelesaikan soal, menyelesaikan soal dengan penyelesaian secara terstruktur/secara berurutan, mengerjakan perhitungan secara algoritmik. Kemampuan pemahaman fungsional indikasinya adalah mengaitkan soal kedalam bentuk variabel, membuktikan kebenaran suatu rumus atau metode.

Published
2019-11-29