Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Dengan Menggunakan Membran Komposit Poliamida Arang Kulit Durian

  • Ria Sheftiana Rusli Hayaati Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ega Dini Hestiyantini Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ali Murtada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Latar Belakang : Minyak jelantah merupakan bahan pokok yang banyak digunakan masyarakat untuk mengolah bahan makanan. Kualitas minyak goreng sangat berpengaruh terhadap nilai gizi dan mutu makanan yang diolah. Kerusakan minyak goreng terjadi akibat pemanasan berulang yang ditandai dengan perubahan warna, kenaikan kekentalan, naiknya kadar air, asam lemah bebas dan peroksida. Limbah kulit durian dapat dimanfaatkan sebagai adsorben dalam pengolahan minyak jelantah dengan menggunakan teknologi membran komposit poliamida-arang kulit durian. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh membran komposit poliamida-arang kulit durian terhadap penurunan kadar asam lemak bebas, kadar air dan peroksida serta untuk mengatahui pengaruh luas penampang arang kulit durian terhadap daya serap membran komposit poliamida.
Metode : metode yang kami gunakan dalam penelitian ini meliputi ; persiapan bahan, pengolahan arang aktif dari kulit durian, pembuatan membran komposit poliamida arang kulit durian, uji karakteristik fisik membran, aplikasi membran komposit poliamida arang kulit durian, dan uji karakteristik minyak setelah diolah.
Hasil : Hasil uji densitas dan swelling pada variasi massa nilon tertinggi yaitu pada massa nilon 6 gram sebesar 0.000762 dan 4 gram sebesar 6.452. Hasil uji kadar air pada variasi massa nilon paling rendah yaitu pada variasi massa nilon 4 gram, sedangkan pada uji asam lemak bebas dan bilangan peroksida paling rendah yaitu pada variasi massa nilon 6 gram. Hasil uji densitas dan swelling pada variasi massa arang tertinggi yaitu pada massa arang 0.5 gram sebesar 0.000500 dan massa arang 1 gram sebesar 3.554.
Kesimpulan : pengolahan limbah minyak jelantah dengan menggunakan membran komposit poliamida arang kulit durian berpengaruh terhadap kadar air, asam lemak bebas dan peroksida dalam minyak jelantah. Variasi massa arang dalam pembuatan membran komposit poliamida arang kuli duriam dapat berpengaruh terhadap karakteristik membran dan minyak jelantah.

Published
2019-11-29