Analisis Kemampuan Menulis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran

  • Umi Anis Kurniah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Menulis matematis merupakan representasi dari ide atau gagasan matematis seseorang yang divisualisasikan dalam bentuk simbol-simbol grafis maupun matematis. Kemampuan menulis matematis digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman dan ketidakpahaman subjek dalam menerima suatu materi. Hal ini sangat berpengaruh dengan keberhasilan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan menulis matematis subjek dalam mengerjakan soal persamaan garis singgung lingkaran; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis subjek dalam mengerjakan soal persamaan garis singgung lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes tulis dan pedoman wawancara. Tes tulis digunakan untuk memperoleh data kemampuan menulis matematis siswa. Pedoman wawancara digunakan untuk mendalami informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis subjek. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) dari penelitian ini, terdapat 2 subjek yang mampu mencapai indikator menulis matematis. Subjek dengan kemampuan menulis matematis lengkap adalah subjek yang memenuhi 3 indikator menulis matematis yaitu representasi visual gambar, ekspresi matematika, dan kata-kata atau teks tertulis. Subjek dengan kemampuan menulis matematis tak lengkap adalah subjek yang mampu memenuhi 2 indikator menulis matematis yaitu representasi visual gambar dan ekspresi matematika; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis matematis subjek adalah tidak terbiasanya subjek dalam menulis matematis. Sebab guru jarang memberikan tugas yang bersifat menjelaskan proses ataupun menjelaskan alasan dari jawaban subjek dengan kata-kata. Hal ini membuat subjek tidak terlatih menulis matematis dan merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal-soal yang mengharuskan subjek menulis jawaban dengan kata-kata.

Published
2019-11-29