Analisi Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal SPLTV (Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel): Kasus pada Siswa SMA Kelas X IPS.

  • Rido Dwi Setiyawan Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Komunikasi dalam dunia matematika sangatlah penting dan menjadi komponen utama
untuk meningkatkan kemampuan matematika, salah satunya adalah kemampuan komunikasi
matematis siswa dalam jenjang sekolah menengah pertama, atas, maupun perguruan tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis Sistem
Persamaan Linier Tiga Variabel pada siswa SMA jurusan IPS kelas X. Metode dalam
penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui
tes tulis dan wawancara. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan indikator
komunikasi matematis. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa siswa SMA jurusan IPS kelas
X terbagi menjadi sangat lancar, lancar, dan kurang lancar. Subyek dengan komunikasi
matematis sangat lancar memiliki kemampuan matematika yang baik dan lebih tinggi dari
siswa yang memiliki kemapuan komunikasi matematis lancar dan kurang lancar. Siswa
mampu mengerjakan dengan baik dan memenuhi semua indikator. Hasil wawancara
menambahkan bahwa siswa mampu menjelaskan hubungan antara jawaban yang di
kerjakan, mampu menuliskan model matematika dari soal cerita kehi dupan sehari-hari, serta
mampu membuat kesimpulan dari soal yang dikerjakan. Siswa berkemampuan lancar dan
kurang lancar , hanya bisa memenuhi beberapa indikator dari komunikasi matematis.
Berdasarkan hasil ini, maka guru sebagai penangung jawab pembelajaran harus
memperhatikan kemampuan komunikasi yang berbeda-beda agar dalam proses
meningkatkan kemampuan matematika dapat tercapai.

Published
2019-10-07