PENGEMBANGAN FORMULASI BIOMASSA LIMBAH POHON SENGON DAN BONGGOL JAGUNG DALAM INOVASI SENGGOL-CHAR (BIOCHAR LIMBAH POHON SENGON DAN BONGGOL JAGUNG) MELALUI PROSES PIROLISIS

  • Siti Rahmawati Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Yulia Widayanti Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Keywords: Jagung, Pirolisis, Sengon

Abstract

Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam kehutanan yang melimpah. Salah satunya potensi kehutanan berupa pohon sengon dan jagung yang berada di desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Potensi tersebut menjadi bagian dari komoditi unggulan yang banyak dimanfaatkan dalam sektor industri dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti bahan bakar. Namun dalam pemanfaatannya tersebut, masih menyisakan limbah yang berupa limbah gergajian pohon sengon dan bonggol jagung pasca pemanenan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan SENGGOL-CHAR yang bahan bakunya berasal dari kedua jenis limbah tersebut serta memberikan solusi atas krisis pemanasan global yang semakin meningkat. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi bahan SENGGOL-CHAR ini mampu mereduksi dan menyerap CO2 hasil dari pembakaran kedua limbah tersebut menggunakan teknologi Pirolisis, dengan kadar unsur C dalam bentuk arang memiliki kadar lebih sedikit dibandingkan ketika dalam bentuk kayu dalam pemenuhan energi masyarakat yang bersifat ramah lingkungan. Serta memiliki kandungan unsur seperti N, P, dan K yang mana sangat berfungsi dalam penyuburan tanah

References

Ansori, Ahmad, and Aminah Asngad. 2017. “Pemanfaatan Serbuk Gergaji Kayu Sengon (Albizia Falcataria) Dan Kotoran Kambing Sebagai Bahan Baku Pupuk Organik Cair Dengan Penambahan Effective Microorganism-4 (EM4).” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Firdaus, Tawakal Ridho, Amir Syarifudin, and Erni Mukti Rahayu. 2019. “Identifikasi Penyakit Karat Tumor Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sengon.” Journal of Forest Science Avicennia 2 (2).
Fitriani, Dian. 2016. “Pertumbuhan Tanaman Sengon (Paraserianthes Falcataria L.) Bermikoriza Pada Lahan Tercemar Pb.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Hermawati Tri, Diah. 2016. “Kajian Ekonomi Antara Pola Tanam Monokultur Dan Tumpangsari.” Inovasi XVIII (1): 66–71.
Hidayat, Aidil Rahmad. 2018. “Analisa Variasi Serbuk Kayu Mahoni Dan Serbuk Kayu Sengon Terhadap Nilai Kalor Dan Sifat Fisik Char Pada Proses Pirolisis.” Institut Teknologi Nasional Malang.
Mauludiyah, and Avivatuz Zahra. 2018. “Pengaruh Perbedaan Biomassa Dan Teknik Pembakaran Kayu Sengon (Falcataria Moluccana Miq.) Terhadap Kemampuan Menahan Emisi Karbon Dan Kualitas Biochar Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Ilmiah Populer.” Universitas Jember.
Purwanto, Ferry. 2018. “Omset Petani Pohon Sengon Di Desa Pangkoh Kabupaten Pulang Pisau.” IAIN Palangka Raya.
Septiana, Liska Mutiara. 2017. “Karakteristik Dan Kualitas Biochar Dari Berbagai Macam Limbah Biomassa Tanaman Pada Pirolisis Suhu Rendah.” IPB (Bogor Agricultural University).
Wibowo, Tri Ismianto Restu, Melya Riniarti, Hendra Prasetya, Udin Hasanudin, Ainin Niswati, and Wahyu Hidayat. 2020. “Karakterisasi Arang Hayati Dari Limbah Kayu Sengon (Falcataria Moluccana) Dan Meranti (Shorea Sp.).” In Seminar Nasional Konservasi.
Yuniarta, Dwi Pradevi, Ulvi Pri Astuti, and Vivin Setiani. 2020. “Karakteristik Kimia Biochar Dari Limbah Tongkol Jagung.” In Conference Proceeding on Waste Treatment Technology, 3:78–80.
Published
2022-01-29