ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT MELALUI “EDUKASI DAN SOSIALISASI PENCEGAHAN VIRUS COVID-19 BERAWAL DARI DIRI SENDIRI”

  • Feby Indriana Yusuf Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Covid-19, Kuisioner Pemahaman, Uji t

Abstract

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan pencegahan penyebaran virus Covid-19, masyarakat wajib mendukung penuh dan berpartisipsi dalam mencegah penyebaran virus. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah program pengabdian kepada masyarakat tentang edukasi pencegahan virus corona dari lingkup terkecil yaitu dari diri sendiri dan keluarga serumah, kegiatan yang dilaksanakan oleh tenaga pendidikan dari Universitas PGRI Banyuwangi ini menjadi salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis tentang bagaimana pengaruh kegiatan PKM dengan judul “Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19 Berawal Dari Diri Sendiri” terhadap pemahaman masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner sebelum dan sesudah kegiatan PKM. Dari hasil uji analisis data kuisisoner dengan uji t, diperoleh statistic p-value sebesar 0,000 <

References

Kadir. (2015). Statistika Terapan . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniati, N., Rifaid, Jumaah, S. H., AS, M. S., & Masyhudi, L. (2021). Edukasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Masa Tatanan Baru (New Normal) Di Ruang Terbuka Hijau Pagutan Kota Mataram. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.01 No.1, 13-20.
Priyanto, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sekaran, U. (2006). Research Methods For Business, Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Yusuf, F. I., Mutimmah, D., Prayekti, N., Susanti, R. E., & Nurmasari, F. (2021). Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19 Berawal Dari Diri Sendiri Di Desa Kampung Anyar Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Jati Emas Vol. 5 No. 1, 19-23.
Published
2022-01-29