PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN WEB LIVEWORKSHEET UNTUK KELAS VII SMP

  • Nur Faniatur Rosyidah Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Gresik.
  • Nur Fauziyah Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fatimatul Khikmiyah Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: LKPD, ADDIE, Liveworksheet

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini berawal dari rendahnya aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran matematika, begitu juga di era millennium dan masa pandemi ini diperlukan suatu media berupa bahan ajar yang menarik bagi peserta didik yaitu LKPD online.
Metode: Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE.
Hasil: Hasil dari penelitian lembar kerja peserta didik model problem based learning menggunakan web liveworksheet yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

References

Etrina, Fathurrohman, M., & Ariani, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21. Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21 (pp. 529-533). Jakarta: Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018.
Latif, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan RME. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Riduwan & Akdon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Uyun, Q. (2016). Pengembangan Media Handout Segitiga Dengan Model Problem Based Instruction. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Wardhani, A. P. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Bangun Ruang Limas Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Yulia, S., Buyung, B., & Relawati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 192 204
Published
2022-01-29