PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN GRAFIK PADA MATERI PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK SISWA SMP

  • Panca Ananda Adji Prabowo Prodi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Pengembangan media pembelajaran, persamaan linier dua variabel, Papan grafik

Abstract

Latar Belakang: Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik sebagai alat bantu dalam penerapan-penerapan bidang ilmu lain maupun dalam pengembangan matematika itu sendiri. Saat ini, penguasaan materi matematika oleh peserta didik menjadi sangat penting dalam persaingan yang semakin kompetitif.Metode: penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam pengembangan media pembelajaran papan grafik persamaan linier dua variabel
Hasil: dari ketiga subjek penelitian terdapat 2 subjek yang dengan baik mengerjakan soal persamaan linier dua variabel dan dapat mengimplementasikan kedalam media papan grafik persamaan. 1 subjek penelitan baik dalam mengerjakan soal persamaan linier dua variabel namun kurang dalam mengimplementasikan hasil pekerjaannya kedalam media papan grafik persamaan.
Kesimpulan: bahwa media pembelajaran papan grafik persamaan linier dua variabel dapat membantu menyelesaikan soal SPLDV akan tetapi tidak semua subjek dapat mengimplementasikan pada media papan grafik persamaan linier dua variabel, dan sudah ditunjukkan pada hasil penelitian ini, dimana 2 subjek dapat mengimplementasikan pada media papan dengan baik dan 1 subjek kurang dalam mengimplementasikan pada media papan

References

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 122-129.
Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Saintifika Islamica, 129-150.
Nunu. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Lankah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1, 27-35.
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. JURNAL BASICEDU, 5-10.
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. (2019). Pengembangan Kartu Domano ( Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Article Info, 62-74.
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Article Info, 62-74.
Susanti, Y., Friansah, D., & S, A. E. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SPLDV. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 60-70.
Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN PANJAT PINANG. Jurnal Pendidikan, 1344-1350.
Published
2022-01-29