KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIBANYAK

  • Dwi Nur Rahmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Novi Prayekti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: berpikir kreatif, penyelesaian masalah, materi segibanyak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berpikir kreatif siswa dengan menggunakan indikator yang ditetapkan yaitu : (1) Berpikir lancar (fluency), (2) Berpikir luwes (flexibility), (3) Berpikir orisinal (originality), (4) Berpikir elaborasi (elaboration). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 2 siswa yang di ambil dari salah satu SMP kelas VII yang ada di Banyuwangi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah Soal tes uraian dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pada indikator 1) fluency,siswa sudah dapat memberikan sebuah ide untuk menyelesaikan sebuah permasalahan dengan lancer dan tepat; pada indikator 2) flexibility, siswa sudah mampu memberikan jawaban dengan tepat ; pada indikator 3) originality, siswa mampu menyelesaikan dengan baik ; pada indikator 4) elaboration, subjek 1 mampu menyelesikan soal dengan caranya sendiri, pada subjek 2 mampu menyelesaikan soal tetapi cara yang digunakan sama dengan apa yang telah di ajarkan sebelumnya

References

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jppm, 9(2), 183–193.
Muflihah, S. M. (2016). Kemampuan Berpikir kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Melalui Soal Open-Ended. Seminar Nasional pendidikan Nasional Pendidikan Matematika, 1(3), 193–200.
Nugroho, M. B. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Published
2022-01-29