ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR

  • Maryatul Kifthiyyah ⁾Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Barep Yohanes Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Operasi Aljabar

Abstract

Latar Belakang: Dalam matematika memahami konsep matematis juga menjadi hal penting, sebab dengan memahami konsep akan mempermudah dalam menjawab soal matematika bahkan persoalan di kehidupan sehari-hari. Meskipun memahami konsep itu hal yang penting, terkadang siswa hanya menganggap remeh dengan meraka hanya perlu menjawab soal yang diberikan tanpa memahami konsep yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi operasi aljabar.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Ada 2 subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang telah menerima materi operasi aljabar. Instrumen penelitian ini berupa tes uraian sebanyak 4 soal. Hasil data pada penelitian ini berupa jawaban tertulis dan hasil wawancara.
Hasil: Dari hasil jawaban dan wawancara kedua subjek, kemampuan pemahaman matematis pada operasi aljabar dikatakan mampu. Sebab, kedua subjek dapat menjelaskan jawaban tertulisnya dengan baik.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan kedua subjek dikatakan mampu memahami persoalan operasi aljabar

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika, 68-78.
Al-Siyam, E., & Sundayana, R. (2014). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENDAPATKAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN METAKOGNITI. Mosharafa, 55-66.
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). MENUMBUHKAMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY. UNION: Junal Pendidikan Matematika, 263-272.
Kartika, Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 777-785.
Nursaadah, I., & Amelia, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Jurnal Numeracy, 1-9.
Oktaviani, S., & Haerudin. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN
KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 875-882.
Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 203-214.
Published
2022-01-29