ANALISIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR

  • Tri Umi Faridah Hayati Prodi Manajemen Pendidikan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Video Pembelajaran, Canva, Bangun datar

Abstract

Pendidikan di zaman sekarang merupakan pendidikan di era abad 21. Pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan critical thinking and problem solving, creativity and innovation, communication, collaboration. Oleh sebab itu, guru harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang menumbuhkan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik. Salah satunya dalam pemilihan media pembelajaran yang variatif dan berbasis digital sesuai dengan perkembangan pendidikan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif berbasis digital yaitu berupa video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Video pembelajaran menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran matematika materi bangun datar merupakan salah satu solusi tepat sebagai penunjang guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis digital. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan studi literatur. Subjek penelitian adalah penulis sebagai key informan dan obyek penelitian atau sasaran penelitian adalah artikel yang terkait dengan pemanfaatan aplikasi canva dalam kegiatan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dengan instrumennya berupa naskah cetak ataupun soft file artikel. Hasil dari kajian ini yaitu video pembelajaran menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran matematika merupakan salah satu media pembelajaran yang menarik dan inovatif sesuai dengan perkembangan pendidikan di abad sekarang ini. Pengembangan media pembelajaran berupa video melalui aplikasi canva merupakan salah satu referensi media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan aplikasi yang efektif dan efisien berbasis digital sesuai dengan perkembangan di abad 21. Video pembelajaran menggunakan aplikasi canva cocok pada pembelajaran matematika yaitu pada materi bangun datar

References

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6(4), 150–157. Jurnal Konselor.ISSN: 1412-9760(Print).2541-5948(Electronic)
https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00
Abbas, E. W. (2021). 21st-Century Skills And Social Studies Education. 2(March), 82–92. The Innovation Of Social Studies Journal.E-ISSN:2716-2354;p-ISSN:2723-1119
Https://Doi.Org/10.53696/27214834.66
Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137-142. Jurnal Madaniya (ISSN 2721-4834)
Https://Doi.Org/10.53696/27214834.66
14
Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0 : Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1): 332–337.
http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73/45
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. Relawan Jurnal Indonesia.
https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi PICPAC. Jurnal Bioeduin Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33.
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/2922/1869
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.
https://www.researchgate.net/publication/336127539_Kreativitas_Guru_dalam_Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Peserta_Didik
Rahmawati, F; & Atmojo, R.I.W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu 5 (3): 6271-6279 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306.
https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306
Salam, M. Y., & Mudinillah, A. (2021). Canva Application Development For Distance Learning On Arabic Language Learning In Mts Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar. 23(2), 101–111. Jurnal Teknologi Pendidikan.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/20650
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430.
https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Sugiyono, Prof. DR. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
15
Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vote Teknika. Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79–85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Triningsih, D. E., Karangploso, S. M. P. N., & Malang, K. (2021). Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. 15(1), 128–144. Cendekia : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144
https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/citationstylelanguage/get/apa?submissionId=667
Published
2022-01-29