PENGUATAN KARAKTER KEBANGSAAN PASCA KONFLIK DI ACEH
Abstract
Penelitian ini menggambarkan penguatan semangat kebangsaan di Aceh. Aceh sebagai daerah yang pernah dilanda konflik menyisakan berbagai persoalan salah satunya adalah persoalan semangat kebangsaan yang dimiliki oleh masyarakat Aceh pasca konflik. Lahirnya MoU Helsinki menjadi babak baru membangun Aceh yang tidak terpisahkan dari NKRI. Persoalan utama pasca kesepakan damai antara RI dan GAM menumbuhkan kembali semngat kebangsaan yang telah hilang dalam kehidupan masyarakat Aceh. Penguatan semangat kebangsaan dapat dilakukan melalui proses pendidikan yaitu melalui Pendidikan Kewarganegaraan disekolah. Pendidikan Kewarganegaraan memegang peran strategis dalam proses penguatan semnagat kebangsaan di Aceh terutama pada generasi muda.
References
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktik. Jakarta: Renika Cipta
Bugin, B. 2001. Metode Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta : Raja Grafindo.
Depdiknas. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Kesuma, Darma dkk. 2011. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Perakaek Di Sekolah). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Kusnadi. 2002. Masalah Kerja Sama, Konflik dan Kinerja. Malang: Torado.
Megawani, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membnagun Bangsa. Jakarta: BPMIGAS
Moleong, L. J. 2007. Metode penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda karya
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonedia
Redaksi Great Publisher. 2009. Pintar Politik, Sejarah, Pemerintahan dan Ketatangaraan. Yogyakarta: Galang Press.
Sartono, kartodirjo. 1999. Multi Dimensi Pebangunan Bangsa Etos Nasionalisme dan Kesatuan Bangsa. Yogyakarta : Kanisisus.
Supeni, S. 2015. Pengembangan Model Internalisasi Pendidikan Karakter Pancasila Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan, XXXIV(1) 118-127
Winarno. 2012. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Panduan Praktis Pembelajaran. Surakarta: yama pustaka
Wreksusohardjo, S. 2004. Filsafat Pancasila Secara Ilmiah dan Aplikatif. Yogyakarta:Andi
Yahya, Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publising
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencanata.