PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SEMESTER GANJIL SMK MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Lisa Dwi Arista UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Keberhasilan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keberhasilan belajar siswa yang menurun dikarenakan metode pembelajaran yang monoton dan penggunaan media pembelajaran yang jarang dilakukan. Sebagai seorang guru professional alangkah baiknya jika penggunaan media pembelajaran dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga hasil dari pembelajaran pun memuaskan.

Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis melakukan penelitian Di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Metode penelitian yang dipakai adalah purposive area. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, wali kelas, guru bidang study, TU. Adapun metode yang digunakan dalam menentukan responden menggunakan metode populasi yaitu siswa kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode observasi, interview, angket, dan dokumenter. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis dengan presentasi statistic kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data. Penulis melakukan pengecekan dengan membandingkan data yang diperoleh dari informan yang berbeda, juga dengan metode penelitian yang berbeda, dari perbandingan tersebut akan didapatkan data yang valid. Media Pembelajaran Audio dan Media Pembelajaran Visual ada Pengaruh Terhadap Keberhasilan Belajar siswa kelas XI Multimedia Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Arikuno, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Bandung : Penerbit Remajab Rosda Karya.
Arikunto Suharsini, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djemari M, 2004. Penyusunan Tes Hasil Belajar. Jakarta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sutrisno Hadi. (2001). Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Winarwo Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar-Dasar Metode Teknik. Bandung: Penerbit Angkasa
Sudjono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers
Poerwadarminta, W.JS, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gramedia Jakarta
Published
2018-04-17
How to Cite
Lisa Dwi Arista. (2018). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SEMESTER GANJIL SMK MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 12-17. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/835
Section
Articles