PENGARUH INTERAKSI GURU-SISWA TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 PAKIS-BANYUWANGI

  • Hakim Hakim SD Negeri 2 Pakis Banyuwangi

Abstract

Guru dan siswa berada dalam suatu relasi kejiwaan, keduanya berada dalam proses interaksi edukatif dengan tugas dan peranan yang berbeda. Siswa-siswa dibimbing agar memiliki kemampuan kreativitas. Mampu berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah. Berangkat dari latar belakang itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru siswa terhadap pengembangan kreativitas siswa  SD Negeri 2 Pakis Banyuwangi. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan ragam korelasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, wawancara/interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis   regresi   linier   ganda.

Hasil dari penelitian disampaikan bahwa menurut  perhitungan  korelasi  product  moment  terdapat  korelasi  antara  kedua variabel yaitu varaibel X1 (interaksi guru siswa) dan jenis kelamin variabel Y (kreativitas siswa) menunjukkan bahwa interaksi mempunyai nilai koefesien korelasi product moment sebesar 0,850 (85%) terhadap kreativitas siswa, angka tersebut menunjukkan bahwa model ini mempunyai nilai koefisien korelasi tinggi. Sedangkan dari hasil analisis regresi linier interaksi guru-siswa dan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kreativitas siswa sebesar 0.724 (72.4%) angka tersebut menunjukkan bahwa model ini baik pengaruhnya dan ini dilihat dari signifikannya, sedangkan sisanya yaitu 0.276 (27.6%) dijelaskan oleh varaibel lain di luar penelitian ini. Pengembangan kreativitas siswa akan konstan sebesar 47.385 jika tidak dipengaruhi oleh variabel interaksi dan jenis kelamin. Sedangkan interaksi mempengaruhi kreativitas siswa sebesar 49.9%. Jenis kelamin mempengaruhi pengembangan kreativitas siswa sebesar 22.6%.

References

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan, Yogyakarta : Rineka Cipta

Akhirwinarto, Wakhid. 1996. Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jakarta: PB-PGRI

Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Research : untuk Penilaian Paper, Penelitian, Thesis dan Desertasi. Yogyakarta:Andi Offset

Munandar, SCU. 1987. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk bagi Guru dab Orang Tua. Jakarta: PT. Gramedia

______________. 1992. Mengembangkan bakat dan Kreativitas Anak sekolah: Penuntun bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

______________. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta

______________. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Surachman, Winarno. 1986. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito.

Published
2017-06-21
How to Cite
HakimH. (2017). PENGARUH INTERAKSI GURU-SISWA TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK SD NEGERI 2 PAKIS-BANYUWANGI. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/82
Section
Articles