UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERPAJAKAN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS untuk XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo,yang berjumlah 28 peserta didik.Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan seperti : (a) observasi, (b) tes, dan (c) wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap-tahap : (a) perencanaan tindakan, (b) implementasi tindakan, (c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi atas tindakan.
References
A. Tabrani Rusyan, Atang Kusdinar, Zaenal Arifin. 2018. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV.Remaja Karya.
Cece Rakhmat, Didi Suherti. 2001.Evaluasi Pengajaran.Bandung: CV.Maulana.
Cece Wijaya, Djadja Djasjuri. A. Tabrani Rusyan. 2018. Upaya Pembahruan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: CV. Remadja Karya.
Depdiknas 2013. www.smantas.net/ekonomi.pdf. Diakses 20 Maret 2019 jam 13.30 WIB.
Hamalik, Oemar. 2015. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibbin Syah 2015. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana, 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, Rochiati, 20016. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Silberman, Melvin, 2016. Aktive Learning 101 Cara Belajar Peserta Didik Aktif. Bandung: Nusamedia.
Slameto, 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Slavin, Robert E. 2018. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Suiyanto, 2017. Modul PLPG Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Serifikasi Guru Rayon 13.
Suharsini Arikunto,dkk. 2017.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sumarsono, 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS.
Syamsuddin, Abidin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto,2017.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Perpustakaan Nasional KD.