UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERPAJAKAN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Akhlakul Karimah, S.E, M.M SMA Negeri 1 Tegaldlimo - Banyuwangi
Keywords: Cooperative Learning, Numbered Heads Together (NHT) Model

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS untuk XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tegaldlimo,yang berjumlah 28 peserta didik.Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan seperti : (a) observasi, (b) tes, dan (c) wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap-tahap : (a) perencanaan tindakan, (b) implementasi tindakan, (c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi atas tindakan.

References

Anita Lie, 2013. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
A. Tabrani Rusyan, Atang Kusdinar, Zaenal Arifin. 2018. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV.Remaja Karya.
Cece Rakhmat, Didi Suherti. 2001.Evaluasi Pengajaran.Bandung: CV.Maulana.
Cece Wijaya, Djadja Djasjuri. A. Tabrani Rusyan. 2018. Upaya Pembahruan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: CV. Remadja Karya.
Depdiknas 2013. www.smantas.net/ekonomi.pdf. Diakses 20 Maret 2019 jam 13.30 WIB.
Hamalik, Oemar. 2015. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibbin Syah 2015. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana, 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, Rochiati, 20016. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Silberman, Melvin, 2016. Aktive Learning 101 Cara Belajar Peserta Didik Aktif. Bandung: Nusamedia.
Slameto, 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Slavin, Robert E. 2018. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Suiyanto, 2017. Modul PLPG Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Serifikasi Guru Rayon 13.
Suharsini Arikunto,dkk. 2017.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sumarsono, 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS.
Syamsuddin, Abidin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto,2017.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Perpustakaan Nasional KD.
Published
2019-10-28
How to Cite
Akhlakul Karimah, S.E, M.M. (2019). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERPAJAKAN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(1), 27-31. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/728
Section
Articles