KEBIJAKAN DAN ATURAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA N 2 DOMPU

  • Mujiono Sang Putra STKIP Al-Amin Dompu

Abstract

Kebijakan adalah suatu ketentuan dari pimpinan yang berbeda dengan aturan yang ada, yang
dikenakan kepada seseorang karena adanya alasan yang dapat diterima untuk tidak memerlakukan
aturan yang berlaku.Aturan dapat berjalan dengan baik apabila pelaku disiplin memiliki sikap
disiplin terhadap peraturan sekolah. Disiplin sangat penting artinya bagi peserta didik, oleh karena
itu harus ditanamkan secaara terus menerus kepada peserta didik. Jika disiplin ditanamkan pada
peserta didik maka disiplin tersebut akan menjadi kebiasaan. Penerapan kedisiplinan di seokolah
membantu peserta didik menyesuaikan diri dengan sekolah, bertangung jawab, memiliki kepribadian
yang mantap serta berprilaku sesuai dengan aturan sekolah. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan
proses yang terkait dengan kebijakan sekolah tentang tata tertib dan peraturan yang dilaksanakan di
SMA N 2 Dompu.
Metode penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian bahwa
Kebijakan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMA N 2 Dompu pada dasarnya
sekolah telah menerapkan tata tertib dan peraturan sekolah yang tertuang dalam tata tertib dan
peraturan sekolah. Tata tertib dan peraturan sekolah tersebut disosialisasikan kepada guru, staf tata
usaha, dan karyawan. Kebijakan tata tertib dan peraturan sekolah bertujuan untuk menepis dan
membuat efek jera peserta didik dengan memberikan bentuk sanksi sesuai tingkat pelanggaran yang
dilakukan oleh peserta didik.

Published
2019-07-08
How to Cite
PutraM. S. (2019). KEBIJAKAN DAN ATURAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA N 2 DOMPU. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 63-68. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/369
Section
Articles