PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK DALAM PEMBELAJARAN DEMOKRASI SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII A MTs PERSIAPAN BENDUNGANJATI KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

  • Ninda Andriwati SMP Unggulan Al-Anwari Banyuwangi

Abstract

Pembelajaran PKn yang dilakukan selama ini masih didominasi oleh pembelajaran yang konvensional, tanpa diselingi adanya media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Upaya guru dalam menggunakan media audio visual gerak untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Keefektifan penggunaan media audio visual gerak untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada proses belajar mengajar.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual gerak dalam pembelajaran demokrasi yang dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa media audio visual gerak pada mata pelajaran PKn dengan materi demokrasi mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada siswa kelas VIII A MTs Persiapan Bendunganjati. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi, hasil catatan lapangan, hasil wawancara guru dan siswa dan hasil tes selama proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Darmansyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara

Rohani, Ahmad. 1997.Media Instruksional Edukatif . Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Supriadi, D. 2002. Internet Masuk Sekolah : Pemberdayaan Guru dan Siswa dalam Era Sekolah Berbasis E-Learning Makalah disajikan dalam seminar“Implementasi E-Learning untuk Sekolah Menengah.” Diselenggarakan oleh Telkom Learning/Sinapsis Indonesia, Oktober 2002 . Bandung: PT Telkom.

Syah, M & Kariadinata. 2009. Bahan Pelatihan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem). Bandung: Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru(Plpg)Rayon Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Gunung Djati Bandung

Published
2016-12-03
How to Cite
AndriwatiN. (2016). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK DALAM PEMBELAJARAN DEMOKRASI SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA SISWA KELAS VIII A MTs PERSIAPAN BENDUNGANJATI KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/29
Section
Articles