PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MTs AN-NAJAHIYYAH

  • Riza Faishol Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Muhammad Endy Fadlullah Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Fathi Hidayah Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Ahmad Aziz Fanani Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
  • Yasmin Silvia Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi
Keywords: Pendidikan, Motivator, Akhlak Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru yang hanya berperan sebagai pendidik yakni hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja tanpa memberikan motivasi dalam rangka membentuk akhlak siswanya menjadi lebih baik. Sehingga sering dijumpai siswa yang malas dalam belajar, akhlak siswa yang kurang baik terhadap guru maupun sesama siswa dalam hal perkataan, perbuatan, dan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlak siswa dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlak siswa di MTs An-Najahiyyah Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam, kepala sekolah, waka kesiswaan, dan siswa kelas VII B MTs An-Najahiyyah Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan langkah-langkah analisis yang dilakukan dalam penelitian kualitatif menurut Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data (data collection), tahap reduksi data (data reduction), tahap penyajian data (data display), tahap penarikan kesimpulan (conclusions: drawing/verifying). Untuk meningkatkan keabsahan data penelitian kualitatif maka dilakukan proses credibility, transferability, dependabilitas dan konfirmability. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama islam di MTs An-Najahiyyah sudah berjalan sebagaimana mestinya. Terbukti dengan adanya peran guru sebagai motivator dapat menciptakan sekolah yang kondusif serta membentuk akhlak siswa. Dengan adanya program-program yang dilaksanakan di sekolah tersebut dapat mendorong atau merubah akhlak siswa. Di antaranya seperti program sholat berjamaah, membiasakan berperilaku sopan santun, menghargai dan menghormati orang lain, dan menjaga kebersihan atau jumat bersih. Dan adanya faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa dari faktor internal meliputi kebiasaan dan keinginan atau kemauan keras serta faktor eksternal yaitu dari lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi dalam pembentukan akhlak siswa.

References

Alwi, S. (2008). Manajemen sumber daya manusia edisi kedua. BPFE Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.
Andrianto, A. (2019). Implementasi komunikasi edukatif dalam pemaduan iman, ilmu dan amal studi pembelajaran pai di sma it abu bakar yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 1–17.
Fanani, A. A., Mashuri, I., & Istiningrum, D. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Budaya Religius Di Sma Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2017/2018. Bidayatuna: Pendidikan Dasar Islam, 2(01), 1–15.
Ma’mur, A. J. (2013). Internaisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: TERAS.
Mashuri, I., & Fanani, A. A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sma Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 19(1), 157–169.
Rahim, H. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.
Sanika, E., & Hidayah, F. (2018). Program Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pubertas (Studi Kasus di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama IslaM,.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Usman, M. U. (2002). Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-04-01
How to Cite
FaisholR., Endy FadlullahM., HidayahF., Aziz FananiA., & SilviaY. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MTs AN-NAJAHIYYAH. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(2), 43-51. https://doi.org/10.36526/jppkn.v6i1.1657
Section
Articles