PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN UMUM (Study Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi di Desa Kalirejo Kecamatan Kabat)

  • Septa Aliva Zahro AF Prodi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi
  • Andika Ronggo Gumuruh
Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pemilihan Umum,, Demokrasi

Abstract

Penelitian ini fokus pada partisipasi politik masyarakat desa Kalirejo kecamatan Kabat dalam pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020. Partisipasi politik masyarakat (pemilih) merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi. Dikarenakan pada dasarnya ciri dari sebuah Negara Demokratis adalah seberapa besar negara melibatkan masyarakat dalam perencanaan maupun pelaksanaan pemilihan umum. Partisipasi ini penting untuk diteliti mengingat keberhasilan dari sebuah pemilu dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, bagaimana partisipasi politik masyarakat desa Kalirejo dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020. Adapun hasil dari penelitian ini adalah partisipasi politik masyarakat desa Kalirejo dalam pilkada Banyuwangi cukup baik. Meskipun masih ada sebagian masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya dengan baik.

References

Arif, Mokhammad Samsul. (2020). Meningkatkan angka partisipasi sebagai upaya menjamin legitimasi hasil pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di tengah pandemic covid-19. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia Vol. 2 No. 18-38.
Ni Ketut Arniti. 2020. Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Umum Legislatif di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 4 (2) 2020|329-3 46
Published
2021-04-01
How to Cite
Aliva Zahro AFS., & Ronggo GumuruhA. (2021). PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN UMUM (Study Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi di Desa Kalirejo Kecamatan Kabat) . JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(2), 1-7. https://doi.org/10.36526/jppkn.v6i1.1633
Section
Articles