HUBUNGAN ALAT KOMUNIKASI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TSM SEMESTER GENAP SMK NURUT TAQWA SONGGON BANYUWANGI
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sedemikian cepat sehingga tanpa kita sadari sudah mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Khususnya alat komunikasi Handphone dan Komputer sebagai sumber pembelajaran PKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode interview, metode dokumen, metode angket dan tes tulis. Metode analisa data yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian ini memperoleh peningkatan prestasi belajar siswa terdapat hubungan positif dan signifikan terbukti dengan hasil 0,921 jauh lebih besar dari taraf signifikan pada taraf signifikan 1% (0,463) dan 5% (0,361) artinya alat komunikasi berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Adji, Sru. 2000. Dasar Penelitian. Eka Badiayana:Jember
Anwar, Syaifudin, 2005. Tes Tulis. PT.Andy:Jember
Arief Mansur, Didik M, 2005. Cyber Law Aspek Hukum Teknologi Informasi. OT Raftika Aditama:Bandung
Arikunto, Suharsimi, 2006. Penelitian Tindak Kelas. PT Bumi Aksara:Jakarta
Asrama, 2009. Prestasi Pembelajaran. PT Linguakata:Yogyakarta
Basuki, Sulistyo, 1995. Dasar-dasar Teknologi Informasi. Dedikbut UT:Jakarta
Cangara, Hafied, 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Gravindo Persada:Jakarta.Cet.IV
Cronbach dkk, 2005. Pengertian Pengaruh. Balai Pustaka:Bandung.
Ghullam Hamdu dan Lisa Agustina, 2011. Jurnal Penelitian Pendidikan Vo.12 No.1
Hadeli, 2006. Metode Penelitian Kualitatif. UNM:Malang
Depdiknas, 1998. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Depdiknas:Jakarta
Dep,diknas 2003. KLBI (Kamus Lengkap Bahasa Indonesia). Depdiknas:Jakarta