PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO MATA PELAJARAN PKN PADA POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VIIB SEMESTER GENAP SMP AL IRSYAD BANYUWANGI

  • Sofiyah Sofiyah Program Studi PPKn Universitas PGRI Banyuwangi
  • Harjianto Harjianto Program Studi PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Minat belajar PKn perlu mendapat perhatian khusus. Selama ini disekolah SMP Al Irsyad Banyuwangi untuk mata pelajaran PKn masih kurang diminati siswa. Berdasarkan data awal persentase hasil belajar masih dibawah kriteria ketuntasan minimal selain itu guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Model pembelajaran portofolio adalah model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Metode penelitian, bersifat deskriptif kualitatif, untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode diantaranya observasi, interview, tes dan dokumenter. Adapun hasil penelitian dan pembahasan, Penilaian ranah afektif pada siklus I sebesar 61,62% sedangkan pada siklus II sebesar 76,26%, mengalami peningkatan sebesar 14,64 point. Penilaian ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 55,63% sedangkan pada siklus II sebesar 78,79%, mengalami peningkatan sebesar 23,16 point. Penilaian hasil belajar ranah kognitif pada tahap pra tindakan, persentase ketuntasan belajar sebesar 22,72% sedangkan pada siklus I sebesar 54,55%. Ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 31,43 poin. Pada siklus II persentase hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari 54,55% menjadi 77,27% mengalami peningkatan sebesar 22,72 point. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa mata pelajaran PKn pada pokok bahasan “Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat” di kelas VIIB semester genap SMP Al Irsyad Banyuwangi.

References

Arikunto, Suharjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Budiamansyah, Dasim. 2002. Portofolio. Bandung: Ganesindo.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moh. Nasir. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Purwadi, Suhandini. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Lemlit UNNES

Soedarsono, FX. 2001. Aplikasi Tindakan Kelas. Jakarta: DIKTI

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Insan Cindekia

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2017-12-22
How to Cite
SofiyahS., & HarjiantoH. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO MATA PELAJARAN PKN PADA POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VIIB SEMESTER GENAP SMP AL IRSYAD BANYUWANGI. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/131
Section
Articles