UPAYA PENGAWASAN YANG DILAKUKAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP ACEH TAMIANG TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH PT SOCFINDO

  • M Rizky Parliansyah Pendidikan Biologi, Universitas Samudra
  • Hesti Maharani Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Samudra, Langsa
  • Andriana Sheilla Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Samudra, Langsa
Keywords: Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang,PT Socfindo,limbah

Abstract

     PT Socfindo adalah salah satu pabrik kelapa sawit yang terdapat di Aceh Tamiang. Sama seperti pabrik kelapa sawit lainnya,PT Socfindo juga menghasilkan limbah industri. Dalam pembuangan limbah kelapa sawit tersebut harus dilakukan sebuah upaya pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan juga masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang dalam mengatasi  pengelolaan limbah pabrik kelapa sawit di PT Socfindo dan untuk mengetahui upaya pengelolaan limbah yang dilakukan pabrik kelapa sawit PT Socfindo. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. PT Socfindo  merupakan salah satu pabrik yang mengikuti sesuai dengan standard kualitas baku mutu yang telah ditetapkan dan bersifat tertib. Pabrik Kelapa Sawit PT Socfindo telah berhasil mengelola limbah nya dengan baik karena limbah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan dan tidak mengganggu masyarakat.

 

References

Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi pedagogis melalui pembelajaran berbasis masalah Bagaimana pendidik memberdayakan siswa di era pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group
Andi Haryanti,dkk.,2014, Kajian Pemanfaatan Limbah Padat Kelapa Sawit, Konversi,Volume 3 Nomor 2.
Badan Pusat Statistik. 2011. Luas Tanaman Perkebunan Menurut Jenis Tanaman, Indonesia, 1995 – 2009.
Kristiawan,2021.Pengawasan Pengelolaan Limbah Cair Pada Industri Pengolahan Kelapa Sawit Di Kabupaten Banyuasin (Studi Empiris : Kecamatan Tanjung Lago), Universitas Padjajaran, 49-57.
Mulyani,2016.Pengawasan Limbah Industri Perusahaan Kelapa Sawit Di Kabupaten Pelalawan,Jurusan Ilmu Politik,Universitas Riau.
Muliari dan Zulfahmy, 2016, Dampak Limbah Cair Sawit Terhadap Komunitas Fitoplankton di Sungai Krueng Mane Kabupaten Aceh Utara, Jurnal Perikanan dan Kelautan, Volume 6 Nomor 2.
Meleong. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rossiana, Nia. 2006. Uji Toksisitas Limbah Cair Tahu Sumedang Terhadap Perkembangbiakan Daphnia carinata KING. Jurnal Biologi.Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran: Bandung.
Rusmey, 2009.Teknologi Pengelolaan Kelapa Sawit, Medan : Pusat Penelitian Kelapa Sawit. iploma an Agricultural Production: Adelaide University. Brisbane.
Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). Indikator pemodelan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 27(2), 61–74.
Silalahi,B.M.2017.Pengelolaan Limbah Sawit (Elaies guineensis Jacq.) di Angsana Estate, Kalimantan Selatan.Bul Agrohorti,5(3), 373-383.
Published
2022-11-24
How to Cite
ParliansyahM. R., MaharaniH., & SheillaA. (2022). UPAYA PENGAWASAN YANG DILAKUKAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP ACEH TAMIANG TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH PT SOCFINDO. JURNAL BIOSENSE, 5(2), 29-37. https://doi.org/10.36526/biosense.v5i2.2094